Tuesday 22 January 2013

7 tips menghadapi ujian





13659943991079669498


Belajar mendadak menjelang ujian memang tidak efektif. Paling tidak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Material yang banyak bukan masalah. Ada tujuh cara disini supaya waktu belajar kita menjadi efektif.



1. Belajar itu memahami bukan sekedar menghapal
Fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh mengingati 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah memahami betul dengan semua pelajaran yang diingatil itu. Jadi sebelum mengingati, usahakan untuk memahami dulu apa yang dipelajari.


2. Membaca adalah kunci belajar
Supaya kita lebih memahami, baca pelajaran baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah pelaajran itu diterangkan oleh guru. Apabila otak sudah mengolah pelajaran tersebut sebanyak tiga kali jadi  dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.


3. Mencatat isi-isi penting pelajaran
Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil isi-isi atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca (ditulis) ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.


4. Mengingati kata-kata kunci
Buatlah kata-kata kunci dari setiap pelajaran dari nota-nota kecil, supaya mudah diingat pada saat kita dalam proses mengingati atau recall back. 


5. Pilih waktu belajar yang tepat
Waktu belajar yang paling tepat adalah pada saat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar yang sama. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk belajar. Gunakan saat ini untuk mengolah pelajarani baru. Baki dari tenaga yang digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.


6. Bangun suasana belajar yang nyaman
Banyak hal yang boleh membuatkan suasana belajar menjadi nyaman. Kita boleh pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga kita perlu sesuaikan. Kalau belajar di bilik atau kelas atau boleh belajar di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktiviti pembelajaran kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.


7. Bentuk Kelompok Belajar
Kalau  bosan belajar sendiri, bioleh belajar dalam kumpulan. Tidak perlu ramai dalam membentuk kumpulan belajar, maksimum lima orang. Buat pembagian pelajaran untuk dipelajari masing-masing. Kemudian setiap orang secara bergilir menerangkan pelaajran yang dikuasainya itu ke seluruh anggota lainnya. Suasana belajar seperti ini biasanya boleh digunakan dan kita dijamin tidak akan mengantuk.


No comments:

Post a Comment